Kunjungan ke Taman Jasmine Integrated Farming

Kunjungan ke Taman Jasmine Integrated Farming

WhatsApp Image 2022-09-13 at 18.14.00

Kunjungan Siswa SD Mutiara Hati Kelas 5,6 ke Taman Jasmine Integrated Farming untuk Edukasi Pengolahan Sampah dihadiri Bu Camat dan Bu Kasi Ekbang Anteng serta jajaran lainnya.Sampah di darat terutama sampah organik dan plastik tertentu, styrefoam, pampers, dan lain-lain menjadi masalah serius. Untuk itu, perlu penanganan sampah organik yang diintegrasikan dengan pertanian, perkebunan, agroforestry, perikanan, peternakan, dan lain-lain."


Pekerjaan kita kini dan mendatang adalah mengintegrasikan antara pengelolaan sampah dan pertanian terpadu (integrated farming) sebagai upaya mendukung ketahanan pangan nasional,"


Jasmine Intigrated Farming merupakan kawasan pertanian integrasi yang berada di RW 19 Kelurahan Antapani Tengah.Di sana, terdapat tempat pengolahan sampah organik, Buruan Sae, budidaya ikan, budidaya ayam petelur, dan lainnya. Ada pula warga kelompok berkebun. Dikatakan terintegrasi karena seluruh kegiatan di Jasmine Intigrated Farming saling berhubungan satu sama lain. Dari awal pengolahan sampah hingga menghasilkan, baik itu tanaman atau produk hewani, terintegrasi.Hal ini yang membuat sampah dari masyarakat dapat dikelola dengan maksimal dan dirasakan manfaatnya.


Kang Pisman, yang didominasi oleh ibu-ibu.Ketua Kelompok Jasmine, Eni Yuningsih menjelaskan, masyarakat sangat antusias dengan program ini. Apalagi semenjak ada Virus Covid-19, banyak warga yang berdiam diri di rumah tanpa kegiatan.

WhatsApp Image 2022-09-13 at 18.09.50
WhatsApp Image 2022-09-13 at 17.36.47

Metode yang digunakan untuk mengolah sampah di antaranya pengomposan sampah organik dengan Metode Open Windrow, Mikro Organisme Lokal (MOL) dan membudidayakan Maggot (Larva lalat hitam).


Pengolahan sampah dengan Metode Open Windrow nantinya menghasilkan pupuk kompos padat.Sedangkan metode MOL menghasilkan pupuk kompos cair. Kemudian Kompos digunakan untuk tanaman Buruan Sae. Sementara itu, sampah organik yang dikelola menggunakan metode maggot dapat terurai habis. Kini hasil dari Jasmine Intigrated Farming sudah bisa dirasakan warga. Ke depannya akan disosialisasikan lebih luas kepada warga agar mulai memilah sampah dari rumah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

; ; ;